WhatsApp Tidak Bisa Unggah & Unduh Gambar (Media) Lalu PlayStore No Connection, Yaa Jangan Panik !!

Sedikit bercerita: Tadi malam saya mengalami sebuah permasalahan pada aplikasi android, dimana WhatsApp saya tidak dapat mengunduh gambar maupun meng-upload gambar dan file media lainnya menggunakan paket data selular (kuota data), serta PlayStore juga mengalami No Connection saat di buka menggunakan data seluler dan aplikasi BBM telat update pembaruan.

Akan tetapi koneksi internet lancar-lancar saja ketika digunakan untuk melakukan searching dengan web browser menggunakan data seluler, tapi kenapa WhatsApp dan PlayStore justru bermasalah seolah-olah ada pembatasan koneksi data seluler pada aplikasi tersebut.


Jika menggunakan Wifi, WhatsApp dan Playstore itu berjalan dengan normal, WhatsApp bisa mengunggah dan mengunduh file media, Playstore pun bisa mendownload dan meng-update aplikasi. Setelan APN pun sudah menggunakan otomatis dari penyedia layanan bahkan saya pun sudah mensetting manual dengan membuat APN baru, akan tetapi aplikasi tersebut tidak dapat berjalan normal sebagaimana fungsinya.

Melakukan clear cache dan paksa berhenti pun sudah saya lakukan, bahkan berkali-kali merestart hp android, dan mensetting Host menggunakan root explorer (mounted rw-r-r) akan tetapi permasalahan tersebut tidak membuahkan hasil.
Saya mulai berfikir & bertanya dalam hati :“apakah karena bugs dari custom rom lagi nih”.

Saya pun teringat tentang kejadian WhatsApp yang telah kadaluarsa. Tanpa banyak fikir panjang lagi, lalu saya membuka  menu Setting -> Mobile Networks -> APN (Accsess Point Names) -> lalu melihat settingan APN Type yang terisi “default,supl”. Setelah mengecek APN lalu saya tekan back, kemudian saya mencari System -> Date & Time (setelan format tanggal/waktu ternyata tidak ada yang salah) lalu saya hilangkan tanda ceklis pada “Automatic Use Network-Provided Values” karena feeling saya mengacu pada APN Type yang terisi “default,supl”, lalu saya tekan back -> kembali masuk ke APN, dan ternyata sudah ada APN baru dan sudah aktif.

Lalu saya mencoba membuka PlayStore dengan menggunakan data selular, dan ternyata berhasil masuk ke PlayStore tanpa ada notifikasi No Connection. Lalu saya membuka WhatsApp dan mencoba mengirim media (gambar), dan ternyata berhasil terkirim, lalu teman saya mengirim gambar ke saya, dan gambarnya pun dapat langsung terbuka tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Ok, jadi cara simple untuk memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa unggah dan unduh file media (gambar,audio,video,gif,dokumen,dll) serta PlayStore yang mengalami No Connection dengan menggunakan data seluler adalah dengan cara -> menghilangkan “Automatic Use Network-Provided Values” pada settingan system Date & Time (seting tanggal dan waktunya). Setelah kembali ke Homescreen, sobat dapat memberikan ceklis lagi dipengaturan tersebut untuk melihat perbedaannya.

Mungkin hanya tips itu saja yang dapat saya beritahukan dan saya sampaikan dalam mengatasi Whatsapp yang tidak dapat unggah & unduh media serta PlayStore yang No Connection dengan menggunakan data seluler, apabila ada masukan sobat dapat tambahkan agar bisa membantu teman-teman kita yang mengalami masalah tersebut.
Sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. Wassalam.     

Comments